STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN HOTEL (Studi Kasus Pada InterContinental Hotels Group Di Bandung)

Wibowo Cahyoseputro, NPM. 169010045 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN HOTEL (Studi Kasus Pada InterContinental Hotels Group Di Bandung). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal WIBOWO - Copy.docx

Download (64kB)

Abstract

Penelitian pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi dilakukan dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan dengan meningkatkan kemampuan, meningkatkan pelatihan dan efektivitas pengembangan, serta meningkatkan efektivitas dan effisien dalam proses yang terkait dengan rekrutmen dan seleksi, mengurangi turnover, meningkatkan penekanan pada tujuan bisnis, bantuan dalam karir dan perencanaan suksesi, menganalisis keterampilan meningkatkan fleksibilitas tenaga kerja. Penelitian dengan pendekatan metode kualitatif bersifat eksploratif dengan rancangan studi kasus tunggal dilakukan untuk eksplorasi secara mendalam tentang program pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan di hotel. Implementasi Strategi Pengembangan Sumber daya manusia berbasis kompetensi karyawan merupakan rangkaian proses yang dimulai dari mendesain tugas, menganalisis organisasi, menganalisis sistem manajemen sumber daya manusia yang digunakan, menganalisis proses pekerjaan dan teknologi yang dipergunakan. Hasil rangkaian proses tersebut akan dapat menghasilkan kerangka kompetensi yang meliputi technical competence, social competence, ethical competence, managerial competence, strategic competence. Dengan kelima kerangka kompetensi tersebut maka akan diterapkan untuk karyawan dengan level rank & File di frontline akan mendapatkan pelatihan yang dihubungkan dengan fuctional competency yang meliputi tehnical competency, serta akan medapat tambahan pelatihan yang di hubungkan dengan ethical competency dan social competency. Sedangkan untuk level manajer diperlukan kemampuan Managerial competence, Kompetensi yang akan diarahkan pada tingkat manajer (generic competency), kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan manajerial dalam hal perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan. Strategic competence, kompetensi yang dihubungkan dengan kemampuan melihat jauh ke depan sehingga dapat menyiapkan berbagai kebijakan yang strategi. Hasil perumusan strategi pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi tersebut akan berfungsi dalam proses rekrutmen & seleksi, pelatihan, pengembangan Karier, compensation & benefit dan evaluasi kinerja sehingga berperan dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan frontline

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:15
Last Modified: 02 Sep 2020 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48785

Actions (login required)

View Item View Item