PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI GURU DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI DAN KOMITMEN AFEKTIF SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BANDUNG, KOTA CIMAHI, KAB. BANDUNG DAN KAB. BANDUNG BARAT THE INFLUENCE OF SCHOOL LEADERSHIP, TEACHER MOTIVATION AND ACADEMIC CULTURE ON COMPETENCE AND AFFECTIVE COMMITMENTS AND THEIR IMPLICATIONS IN TEACHER PERFORMANCE OF HIGH SCHOOL IN BANDUNG CITY, CIMAHI CITY, BANDUNG DISTRICT AND WEST BANDUNG DISTRICT

SUHENDI, NPM : 129113015 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI GURU DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI DAN KOMITMEN AFEKTIF SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BANDUNG, KOTA CIMAHI, KAB. BANDUNG DAN KAB. BANDUNG BARAT THE INFLUENCE OF SCHOOL LEADERSHIP, TEACHER MOTIVATION AND ACADEMIC CULTURE ON COMPETENCE AND AFFECTIVE COMMITMENTS AND THEIR IMPLICATIONS IN TEACHER PERFORMANCE OF HIGH SCHOOL IN BANDUNG CITY, CIMAHI CITY, BANDUNG DISTRICT AND WEST BANDUNG DISTRICT. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL-SUHENDI.doc

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bukti-bukti empiris dan menemukan kejelasan fenomena-fenomena tentang persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Budaya Akademik, Kompetensi, Komitmen Afektif, kinerja guru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptive survey dan metode explanatory survey. Unit analisis pada penelitian ini guru-guru SMA Negeri di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung dan Kab Bandung Barat. Sampel menggunakan teknik Cluster Stratified radom sampling method. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert dan obervasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas dan normalitas. metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Penelitian ini sampelnya sebesar 337 guru. Hasil penelitian ini menunjukan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, budaya akademik, kompetensi, komitmen afektif, kinerja memiliki kecenderungan dari kategori tidak baik sampai dengan kriteria sangat baik. Terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru dan budaya akademik terhadap kompetensi guru dengan besaran pengaruh sebesar 71,10 persen. Terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru dan budaya akademik terhadap komitmen afektif dengan besaran pengaruh sebesar 60,20 persen. Terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan dari kompetensi dan komitmen afektif terhadap kinerja guru dengan besaran pengaruh sebesar 87,12 persen. Terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi terhadap kinerja guru dengan besaran pengaruh sebesar 45,30. Terdapat pengaruh yang signifikan dari komitmen afektif terhadap kinerja guru dengan besaran pengaruh sebesar 41,90 persen. Dari hasil penelitian ini kompetensi guru salah satu factor untuk lebih meningkatkan kinerja guru pada SMA Negeri Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung dan Kab. Bandung Barat. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, budaya akademik, kompetensi, komitmen afektif, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 02 Jun 2020 07:01
Last Modified: 02 Jun 2020 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47826

Actions (login required)

View Item View Item