RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MEDIA BUKU CERITA (Studi di Taman Kanak-Kanak SPK Nehru Memorial School Bandung)

RANI HERSITA MAHARANI, NPM. 178020072 (2020) RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MEDIA BUKU CERITA (Studi di Taman Kanak-Kanak SPK Nehru Memorial School Bandung). Thesis(S2) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
rani_mm.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengkaji dan mengetahui rancangan model pembelajaran berbasis STEM terintegrasi dengan pendidikan karakter dalam peningkatan berpikir kreatif di TK SPK Nehru Memorial School. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan model dari Walter Dick, Lou Carey, dan James O. Carey. Penelitian ini dibagi menjadi 3 tahapan: tahap pra-pengembangan, tahap pengembangan dan tahap pasca-pengembangan. Yang menjadi narasumber dari penelitian ini adalah peserta didik (10 orang), guru (3 orang) dan orang tua dari peserta didik itu sendiri (10 orang). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara terstruktur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa guru sebanyak 43% dapat mengimplementasikan model pembelajaran berbasis STEM ke dalam RKH secara optimal. Untuk peserta didik sebanyak 68% merasa nyaman dengan melaksanakan model pembelajaran berbasis STEM, orang tua peserta didik sebanyak 82% melihat adanya perkembangan kognitif dan adanya perubahan karakter pada anak mereka. Kata kunci: STEM, pendidikan karakter, berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 May 2020 03:13
Last Modified: 07 May 2020 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47818

Actions (login required)

View Item View Item