SISTEM PENGENDALIAN DAN PERENCANAAN OBAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA DI INSTALASI FARMASI PUSAT MATA NASIONAL RUMAH SAKIT MATA CICENDO BANDUNG

AHMAD HIDAYAT, NPM: 168020123 (2019) SISTEM PENGENDALIAN DAN PERENCANAAN OBAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA DI INSTALASI FARMASI PUSAT MATA NASIONAL RUMAH SAKIT MATA CICENDO BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
AHMAD HIDAYAT_copy.doc

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan dan pengendalian obat dalam meningkatkan kinerja di Instalasi Farmasi Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Hasil penelitian ini diperolehnya suatu sistem pengelolaan obat terutama mengenai proses perencanaan dan pengendalian yang memungkinkan untuk menjamin ketersediaan barang tersebut dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif analisis, serta sifat penelitiannya adalah single case study. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan wawancara disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala – kendala yang dihadapi dalam perencanaan dan pengendalian obat yaitu sumber daya manusia, anggaran, kelengkapan fasilitas, standar operasional prosedur (SOP), penyimpanan, dan sistem distribusi. Sistem perencanaan dan pengendalian obat dalam meningkatkan kinerja di Instalasi Farmasi Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung yaitu dengan melakukan perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pecatatan / pelaporan, penghapusan, monitoring dan evaluasi. Kata Kunci : Perencanaan dan Pengendalian, Kinerja, Instalasi Farmasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:49
Last Modified: 13 Jan 2020 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47454

Actions (login required)

View Item View Item