PENGARUH PARTISIPASI DAN DISKRESI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANDUNG BARAT (Studi Pelayanan Izin Lokasi Dan Izin Mendirikan Bangunan)

Bambang Subagio, NPM: 139020009 (2019) PENGARUH PARTISIPASI DAN DISKRESI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANDUNG BARAT (Studi Pelayanan Izin Lokasi Dan Izin Mendirikan Bangunan). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Bambang Subagio_DIS - Copy.docx

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji besarnya pengaruh variabel partisipasi dan diskresi terhadap kualitas pelayanan publik, hubungan antara variabel partisipasi dan diskresi terhadap kualitas pelayanan publik. Lokus penelitian pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Bandung Barat (DPMPTSP-KBB). Pendekatan penelitian, dengan metoda kuantitatif, meliputi: pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi, studi pustaka, dokumentasi dan forum group discussion. Analisis data penelitian menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian, bahwa variabel partisipasi, diskresi, dan kualitas pelayanan publik, dirasakan secara rata-rata cukup baik oleh responden yang menggunakan pelayanan perizinan di DPMPTSP-KBB. Secara parsial, partisipasi dan diskresi berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Selain itu, partisipasi dan diskresi memiliki korelasi yang signifikan sebesar 61,7% dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian, menunjukkan bahwa jika kualitas variabel partisipasi dan diskresi ditingkatkan, maka dapat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik oleh DPMPTSP-KBB. Kata Kunci: Partisipasi, Diskresi, dan Kualitas Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Oct 2019 07:13
Last Modified: 29 Oct 2019 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46600

Actions (login required)

View Item View Item