PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wanguk II Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Tahun Akademik 2017/2018)

SEPTIAN EKA HUTAMA, 145060178 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wanguk II Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Tahun Akademik 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (inggris).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (sunda).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BARU.pdf

Download (985kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wanguk II pada materi sumber energi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa karena guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, rata-rata hasil belajar siswa pada materi sumber energi masih banyak yang belum mencapai KKM serta model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada kegiatan pembelajaran masih konvensional. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan revleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I skor rata-rata kerjasama siswa sebesar 60.31 dengan kategori sedang dan pada siklus II skor rata-rata kerjasama dan hasil belajar sebesar 75.99 dengan kategori baik. Pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa pada hasil pre tes sebesar 62.2 ,dengan kategori kurang dan pada hasil post tes sebesar 70.2 ,dengan kategori baik. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar pada hasil pre tes sebesar 61.6,dengan kategori kurang dan pada hasil post tes sebesar 74.2 dengan kategori baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disipmulkan bahwa penggunaan model problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi Sumber Energi. Dengan demikian model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2019 03:31
Last Modified: 26 Oct 2019 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46578

Actions (login required)

View Item View Item