PENGARUH STRATEGI KWL (KNOW, WANT, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Muslimin Panyawungan 1 & 2)

Meli Sofi Aptiani, 155060179 (2019) PENGARUH STRATEGI KWL (KNOW, WANT, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Muslimin Panyawungan 1 & 2). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar_pengesahan_meli[1].pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. abstrak indo.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. abstrak inggris.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. abstrak sunda.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. bab 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. bab 2.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
8. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
9. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
10. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
11. daftar pustaka.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi KWL (Know, Want, Learned) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Muslimin Panyawungan 1 dan 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel X dalam penelitian ini adalah strategi KWL (Know, Want, Learned) dan variabel Y adalah kemampuan membaca pemahaman. Kelas eksperimen yaitu siswa kelas VA dan kelas kontrol yaitu siswa kelas VB SD Muslimin Panyawungan 1 dan 2. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes, observasi dan wawancara. Untuk menguji hipotesis yaitu terdapat pengaruh atau tidak peneliti menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan strategi KWL (Know, Want, Learned) lebih tinggi dari pada kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (strategi ekspositori) sehingga terdapat perbedaan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji regresi juga membuktikan bahwa strategi KWL (Know, Want, Learned) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar dengan hasil nilai sig. 0,003 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi KWL (Know, Want, Learned) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa seklah dasar. Kata kunci: Kemampuan membaca pemahaman, siswa kelas V SD, strategi KWL (Know, Want, Learned)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:49
Last Modified: 31 Oct 2019 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46516

Actions (login required)

View Item View Item