Meli Sofi Aptiani, 155060179 (2019) PENGARUH STRATEGI KWL (KNOW, WANT, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Muslimin Panyawungan 1 & 2). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar_pengesahan_meli[1].pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
2. abstrak indo.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
3. abstrak inggris.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
4. abstrak sunda.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
6. bab 1.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
7. bab 2.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
8. bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
Text
9. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
Text
10. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
Text
11. daftar pustaka.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi KWL (Know, Want, Learned) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Muslimin Panyawungan 1 dan 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel X dalam penelitian ini adalah strategi KWL (Know, Want, Learned) dan variabel Y adalah kemampuan membaca pemahaman. Kelas eksperimen yaitu siswa kelas VA dan kelas kontrol yaitu siswa kelas VB SD Muslimin Panyawungan 1 dan 2. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes, observasi dan wawancara. Untuk menguji hipotesis yaitu terdapat pengaruh atau tidak peneliti menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan strategi KWL (Know, Want, Learned) lebih tinggi dari pada kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (strategi ekspositori) sehingga terdapat perbedaan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji regresi juga membuktikan bahwa strategi KWL (Know, Want, Learned) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar dengan hasil nilai sig. 0,003 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi KWL (Know, Want, Learned) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa seklah dasar. Kata kunci: Kemampuan membaca pemahaman, siswa kelas V SD, strategi KWL (Know, Want, Learned)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 08:49 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 08:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46516 |
Actions (login required)
View Item |