PENGARUH KONDISI FASILITAS SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (PENELITIAN DESKRIPTIF KUANTITATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN BUAH BATU GUGUS 36 KOTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020)

Noviani Manggaresa, 155060009 (2019) PENGARUH KONDISI FASILITAS SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (PENELITIAN DESKRIPTIF KUANTITATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN BUAH BATU GUGUS 36 KOTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I NOVI.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II NOVI.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
BAB III NOVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV NOVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB V NOVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa demi keberhasilan belajarnya. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya fasilitas/sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari fasilitas/sarana dan prasarana terhadap motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling maka didapatkan sebanyak 98 sampel pada kelas V. Adapun sampel penelitian yang didapatkan 3 sekolah di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung yaitu, SDN 131 cijawura, SDN 261 margahayu raya, dan SDN 230 margahayu raya. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Fasilitas/sarana dan prasarana mendukung terhadap keberlangsungannya pembelajaran di sekolah. 2) Rata-rata motivasi siswa di sekolah SDN 131 sebesar 52,4 hasilnya termasuk dalam kategori baik, SDN 261 margahayu raya blok I dengan rata-rata 76 hasilnya termasuk dalam kategori sangat baik, kemudian SDN 230 margahayu raya dengan rata-rata 75, hasilnya termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Terdapat pengaruh fasilitas/sarana dan prasarana terhadap motvasi siswa di masing-masing sekolah melalui pengujian yang dilakukan menggunakan regresi linear sederhana, yakni di sekolah SDN 131 cijawura diperoleh nilai signifikasinya sebesar 0,36 <dari 0,05, di sekolah SDN 261 margahayu raya blok I diperoleh nilai signifikasinya sebesar 0,11 <dari 0,05 , kemudian di sekolah SDN 230 margahayu raya diperoleh nilai signifikasinya sebesar 0,40 <dari 0,05 . Dari hasil data signifikasi diatas dapat di simpulkan bahwa adanya pengaruh dari fasilitas/sarana dan prasarana sekolah terhadap motivasi bealajar siswa. Kata Kunci : belajar, fasilitas, motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:20
Last Modified: 01 Nov 2019 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46507

Actions (login required)

View Item View Item