PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Fitri Anisa, 155050008 (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa” yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V di beberapa SDN Kecamatan Buah Batu gugus 36 Kota Bandung. Hal ini disebabkan karena kurang maksimalnya pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung sebanyak 284 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan tingkat kesalahan 5% maka didapatkan sebanyak 166 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada variabel pengelolaan kelas diperoleh skor rata-rata sebesar 36,80 yang menyatakan pengelolaan kelas SD Negeri di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 kota Bandung masuk dalam kategori sedang. Pada variabel hasil belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 37,42 sehingga masuk dalam kategori sedang. Hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa siswa yang belum mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori rendah. Hubungan korelasi antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar sebesar 0.693 dengan tingkat signifikansi 0.000 > 0,005 sehingga terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar sebesar 48,02%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Terdapat Pengaruh yang Signifikan Antara Pengelolaan kelas dengan Hasil belajar Siswa di SD Negeri Kecamatan buah Batu gugus 36 kota Bandung” bisa diterima. Kata kunci : Pengelolaan Kelas, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:14
Last Modified: 01 Nov 2019 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46504

Actions (login required)

View Item View Item