PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GARIS BILANGAN TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung)

Dwi Nurmeliza, 155060003 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GARIS BILANGAN TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Buah Batu Gugus 36 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sebuah media gambar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 230 Margahayu Raya dan SDN 131 Cijawura pada kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran garis bilangan terhadap proses dan hasil belajar di kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimen design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 230 Margahayu Raya dan SDN 131 Cijawura Kota Bandung dengan jumlah keseluruhan 186 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas IV C di SDN 131 Cijawura sebagai kelas kontrol dan kelas IV B di SDN 230 Margahayu Raya sebagai kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, 2) wawancara, 3) lembar observasi. Instrumen penelitian berupa wawancara dan lembar observasi untuk mengukur proses penggunaan garis bilangan dan tes yang berupa posttest untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media garis bilangan terhadap proses dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,66, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70. Kata Kunci : Penggunaan Media Garis Bilangan, Proses dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:02
Last Modified: 01 Nov 2019 04:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46499

Actions (login required)

View Item View Item