PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

WINDI SITI MARYAM, 155060105 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover Depan PDF WINDI.docx

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO PDF WINDI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA PDF WINDI.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS PDF WINDI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PDF WINDI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PDF WINDI.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PDF WINDI.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
BAB IV WINDI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB V PDF WINDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF WINDI.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV sekolah dasar, hal tersebut dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasl belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen di sekolah dasar 119 Cijagra di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Terdapat Pengaruh model model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar setelah di ujikan menggunakan kemampuan pengujian hipotesis independent sample t test dengan hasil perolehan nilai signifikansi 0,00 > 0,05. 2) Kualitas peningkatan hasil belajar siswa terdapat perbedaan antara yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan ayang tidak menggunakan model PBL. Ini terlihat dari hasil pengujian menggunakan Effect-Size sebesar 0,2 ≤ d < 0,58, sehingga dapat disimpulkan dari model pembelajaran yang telah digunakan memiliki skala keefektifankecil. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:18
Last Modified: 25 Oct 2019 08:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46495

Actions (login required)

View Item View Item