WULAN APRILIANI WAHYUNI, 155060137 (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU (Penelitian Deskriptif kuantitatif pada Sekolah Dasar Gugus II dan Gugus III di Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan wulan.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I WULAN 1-8.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II WULAN 9-32.pdf Download (6kB) | Preview |
|
Text
BAB III WULAN 33-48.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
Text
BAB IV WULAN 48-77.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
||
Text
BAB V WULAN 77-80.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Guru merupakan jabatan profesional yang di dituntut untuk berupaya semaksimal mungkin menjalankan profesinya dengan baik. Sebagai seorang profesional maka peran dan tugas guru yaitu sebagai pendidik, pengajar, pasilitator, pelayanan, perancang, pengelola, penilai. Maka dari itu seorang guru profesional berdampak pada kinerjanya. Akan tetapi masih ada diantaranya dalam kinerja guru, guru tidak profesional dalam melaksanakan tugas dilapangan. Oleh karena itu guru hendaknya dapat meningkatkan profesi kinerjanya yang berprofesi sebagai tenaga pendidik untuk menjadi guru profesional, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran profesionalisme guru; (2) gambaran kinerja guru; dan (3) pengaruh profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru-guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik di Gugus II dan Gugus III Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung yang berjumlah 67 guru. Dalam sampel penelitian ini yaitu menggunakan sampel total sampling karena populasi kurang dari 100 maka sampel penilitiannya pun 67 guru. Variabel penelitian meliputi profesionalisme guru sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuisioner. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan liniearitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, linier, uji signifikan, dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai rata-rata angket profesionalisme guru sebesar 91,5 % dengan kategori sangat baik; (2) Nilai rata-rata angket kinerja guru sebesar 94,1% dengan kategori sangat baik; (3) Ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dan kinerja guru dengan kategori kuat yang ditunjukan dengan signifikan 0,000 < 0,05 dan koefesien korelasi Pearson sebesar 0,679; (4) Ada pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap kinerja guru dengan persamaan regresi Y = 20,588 + 0,588 X yang ditunjukkan dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05; (5) Besar pengaruh profesionalisme guru terhadap kinerja guru sebesar 21,25 % sedangkan 78,75% Hasil kinerja guru dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Profesionalisme , kinerja guru
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:43 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 02:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46483 |
Actions (login required)
View Item |