PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar)

Gina Septina, 155060055 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (432kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Suntenjaya diperoleh informasi bahwa di kelas tersebut telah menggunakan”Kurikulum 2013. Akan tetapi proses pembelajaran di kelas IV terlihat kurang efektif, banyak siswa yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung, kurang memperhatikan ketita guru sedang menjelaskan. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran yang kurang maksimal dikarenakan sulitnya menghadirkan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran di kelas.”Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang hasil belajar siswa yang memperoleh Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Suntenjaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design, subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Suntenjaya dengan jumlah populasi 58 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Picture And Picture, kelas IV-B sebagai kelas control menggunakan metode Ekspositori. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Linear Sederhana, dan Uji t.Berdasarkan perolehan data yang peneliti peroleh bahwa ratarata nilai lebih tinggi kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, terbukti pada pembelajaran 1 nilai post-test kelas eksperimen adalah 85 dan kelas kontrol 74,25 selisihnya adalah 10,7. Pada pembelajaran 3 nilai post-test kelas eksperimen adalah 81,5 dan kelas kontrol 71 selisihnya adalah 10,5. Pada pembelajaran 5 nilai post-test kelas eksperimen adalah 78.5 dan kelas kontrol 74 selisihnya adalah 4,5. Data dan pengujian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Suntenjaya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, terbukti dengan hasil Regresi Linear Sederhana data kelas eksperimen dan kelas kontrol melihat signifikansi sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model Picture And Picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas IV-A. Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:45
Last Modified: 25 Oct 2019 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46421

Actions (login required)

View Item View Item