PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEANDALAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi pada Pemerintah Kota Bandung)

Derry Hendratama, 1440202221 and Ruslina Lisda, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing I (2019) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEANDALAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi pada Pemerintah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img] Text
ABSTRAK Benoooo.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
BAB I Benooo SA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Benooo SA.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Benooo SA.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER BENOOO.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Benooo.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan Draft Deri.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengertian pengendalian internal adalah proses yang dijalankan oleh dewan komisaris, manajemen dan personel lain entitas yang didesain untuk memberikan keyakinan memadai tentang pencapaian tiga golongan: a) Keandalan pelaporan keuangan, b) Efektivitas dan efisiensi operasi, c) Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku, karena hal tersebut menembus kegiatan operasional organisasi dan merupakan bagian internal dari kegiatan manajemen dasar. Pengendalian internal hanya dapat menyediakan keyakinan memadai, bukan keyakinan mutlak. Pengertian pemanfaatan teknologi informasi bahwa teknologi informasi adalah suatu teknologi berbasis komputer untuk mengolah data menjadi informasi yang berkualitas sehingga berguna untuk pengambilan keputusan. Pengertian kapasitas sumber daya manusia adalah suatu kemampuan baik individu, organisasi/kelembagaan, maupun sistem untuk melaksanakan fungsi-fungsi atau kewenangannya untuk mencapai tujuannya secara efekif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi dan kapasitas sumber daya manusia terhadap keandalan pelaporan keuangan. Unit penelitiannya adalah Pemerintah Kota Bandung dan sasaran penelitiannya adalah para pegawai yang bekerja di bagian akuntansi, bagian teknologi informasi dan bagian sumber daya manusia Pemerintah Kota Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Jenis metode penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah bersifat deskriptif verifikatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dimana teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dilakukan melalui bentuk hipotesis yang diajukan berupa hipotesis verifikatif. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi dan kapasitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap keandalan pelaporan keuangan adalah sebesar 69% dan sisanya sisanya sebesar 31% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Keandalan Pelaporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: mr Nugraha Pangestu
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:49
Last Modified: 24 Oct 2019 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46371

Actions (login required)

View Item View Item