RESTI NUR ’AZIZAH, 155040102 (2019) PENERAPAN WIKIPEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BAKTERI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (560kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
||
Text
15. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
||
Text
16. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada latar belakang keterampilan abad 21 serta perkembangan digital di Indonesia. Penerapan wikipedia pada pembelajaran sebagai langkah untuk meningkatkan salah satu keterampilan abad 21 yaitu keterampilan literasi digital peserta didik yang belum diterapkan sepenuhnya di setiap sekolah sehingga pada nantinya mampu meningkatkan hasil belajar peserta didiknya pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan wikipedia pada materi bakteri di SMA Pasundan 4 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental. Data Hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest sebanyak 15 soal pilihan ganda, angket dan lembar observasi. Data hasil penelitan ini kemudian dianalisis menggunakan Software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai 0,000 atau nilai signifikan < 0,05 yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menerapkan wikipedia. berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan wikipedia pada pembelajaran materi bakteri dapat meningkatkan keterampilan literasi digital dan hasil belajar peserta didik Kata Kunci: Wikipedia, Literasi Digital, Hasil Belajar, Bakteri
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 07:33 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46368 |
Actions (login required)
View Item |