PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KAMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENGAH KEJURUAN DITINJAU DARI STATUS EKONOMI.

Yogi Sugiyana, 178060004 (2019) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KAMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENGAH KEJURUAN DITINJAU DARI STATUS EKONOMI. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Yogi Sugiyana.docx

Download (63kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan apakah model problem based learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar ditinjau dari status ekonomi (pekerjaan orang tua PNS dan Pekerjaan orang tua Petani). Penelitian ini menggunakan metode mix method yang merupakan metode penelitian mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara simultan/bersama-sama (atau sebaliknya), tetapi bobot metodenya berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Bhakti Kencana siswa kelas X yaitu X-1 dan X-2 yang berdasarkan status ekonomi pekerjaan orang tua PNS dan Petani. Instrumen yang digunakan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis, untuk kemandirian belajar menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan 1) berdasarkan status ekonomi kategori PNS menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan problem based learning lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan kovensional 2) berdasarkan status ekonomi kategori petani menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan problem based learning lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan konvensional 3) terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap kemandirian belajar matematika siswa di kelas problem based learning 4) terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap kemandirian belajar matematika siswa di kelas konvensional 5) berdasarkan status ekonomi kategori pns menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa yang memperoleh problem based learning lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional 6) berdasarkan status ekonomi kategori petani menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa yang memperoleh problem based learning lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional 7) aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika yang memperoleh problem based learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kemandirian Belajar Siswa di tinjau dari status ekonomi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Oct 2019 08:04
Last Modified: 19 Oct 2019 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46161

Actions (login required)

View Item View Item