SHINTA AYU KENCANA, NPM. 148060040 (2019) “BRAIN BASED LEARNING (BBL)” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Artikel Shinta Ayu Kencana_MPM copy.docx Download (17kB) |
Abstract
Proses pembelajaran Matematika membutuhkan kemampuan koneksi, komunikasi. Koneksi yang dimaksud adalah segala yang digunakan, sedangkan komunikasi yang dalam mengekspresikan bahasa matematika yang berupa simbol gambar, grafik maupun bentuk aljabar, sehingga dapat mempermudah siswa untuk menyelesaikan suatu masalah yang diberikan guru. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa dalam tesis ini adalah; (1) Mendiskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa di kelas VIII di SMP Negeri 1 Parongpong (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII di SMP Negeri 1 Parongpong (3) Mendiskripsikan motivasi belajar siswa di kelas VIII di SMP Negeri 1 Parongpong. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner. Pelaksanaan tes diikuti oleh dua kelompok yaitu kelompok Eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelompok Kontrol yang berjumlah 20 orang juga. Hasil penelitian ini adalah kemampuan koneksi dan komunikasi matematis serta motivasi siswa di Sekolah Menengah, menunjukan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal dengan kemampuan koneksi dan komunikasi yang ada. Siswa dapat menggunakan variabel atau simbol untuk menyelesaikan soal matematika serta mampu mereflekasikan bahasa matematika yang terdapat dalam soal matematika. Kemampuan komunikasi matematis menjadikan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Pembelajaran, koneksi, komunikasi, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 19 Oct 2019 04:45 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 02:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46146 |
Actions (login required)
View Item |