MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI SISWA MELALUI PENGUASAAN KONSEP MATERI VIRUS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI WIKIPEDIA

IMAS FITRIYANI, 155040080 (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI SISWA MELALUI PENGUASAAN KONSEP MATERI VIRUS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI WIKIPEDIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan literasi informasi dengan pembelajaran berorientasi wikipedia melalui penguasaan konsep materi virus. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA-2 di SMAN 19 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 60 dan skor rata-rata posttest sebesar 80 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Kemudian hasil kemampuan Literasi Informasi memperoleh skor rata-rata sebesar 85,76% dengan kategori sangat baik. Dan angket respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 74,44% dengan kategori baik. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata sebesar 82% dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 70,93 dengan kategori baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berorientasi wikipedia dapat meningkatkan keterampilan literasi informasi dan penguasaan konsep pada materi virus. Kata Kunci: Literasi Informasi, Wikipedia, Virus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2019 08:54
Last Modified: 18 Oct 2019 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46104

Actions (login required)

View Item View Item