IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KINGDOM MONERA

NANDHITA AYU LESTARI, 155040064 (2019) IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KINGDOM MONERA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengasahan.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB II.pdf

Download (876kB) | Preview
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan metode e-learning dalam kerangka kerja TPACK terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok materi Kingdom Monera. Subjek yang digunakan adalah 23 orang peserta didik kelas X MIPA SMA Nasional Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan tipe design One Group Pretest Posttest Design. Pembelajaran ini dilakukan dengan metode e-learning yang bahan ajarnya diupload ke LMS Moodle yang dapat diakses melalui internet. Pengukuran hasil belajar peserta didik diukur melalui soal pretest dan posttest, adapun jenis soal yang digunakan adalah multiple choice dengan jumlah 20 soal dan terdapat 4 alternatif jawaban. Keefektifan e-learning dengan menggunakan LMS Moodle dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya e-learning yang diuji dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif hasil belajar meningkat secara signifikan (p < 0,05) dengan Gain rata-rata 50,22. Pada kategori rendah (N-gain = 0,00 < g < 0,30) 4,35%, kategori sedang (N-gain = 0,30 ≤ g < 0,70) 21,74%, dan pada kategori tinggi (N-gain = 0,70 ≤ g ≤ 1,00) 73,91%. Pada aspek afektif, peserta didik menunjukkan sikap dengan nilai rata -rata 88.86 yang termasuk kedalam kategori sangat baik, serta pada aspek psikomotor peserta didik menunjukkan keterampilan dengan skor rata-rata 83,15 dan termasuk ke dalam kategori baik. Kata Kunci: E-learning, TPACK, Hasil belajar peserta didik, Kingdom Monera

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2019 08:24
Last Modified: 18 Oct 2019 08:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46093

Actions (login required)

View Item View Item