PENGARUH SOSIALISASI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) TERHADAP PENGENDALIAN DIRI (SELF CONTROL) PADA SISWA REMAJA DI SMPN 39 BANDUNG

Karina Ayustia Putri, 152020066 (2019) PENGARUH SOSIALISASI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) TERHADAP PENGENDALIAN DIRI (SELF CONTROL) PADA SISWA REMAJA DI SMPN 39 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER GENRE.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Sosialisasi Program Generasi Berencana (Genre) Terhadap Pengendalian Diri (Self Control) Pada Siswa Remaja di SMPN 39 Bandung”. Program ini dikembangkan oleh BKKBN sebagai upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan remaja serta meningkatkan kualitas hidup remaja dengan memberikan informasi dan pengetahuan dalam rangka mempersiapkan diri remaja dalam membangun pengetahuan, sikap dan perilaku. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sosialisasi program Generasi Berencana (Genre) bagi siswa remaja di SMP Negeri 39 Bandung, mendeskripsikan pengendalian diri (self control) pada siswa remaja di SMP Negeri 39 Bandung, dan untuk mendeskripsikan pengaruh sosialisasi program Generasi Berencana (Genre) terhadap pengendalian diri (self control) pada siswa remaja di SMP Negeri 39 Bandung. Hipotesis yang diajukan adalah “Terdapat Pengaruh Sosialisasi Program Generasi Berencana (GenRe) Terhadap Pengendalian Diri (Self Control) Pada Siswa Remaja di SMPN 39 Bandung”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi dan studi lapangan (angket, observasi non partisipan, serta wawancara). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 39 Bandung yang menjadi objek penelitian menerima Program Generasi Berencana (GenRe) yang terdiri dari kelas 8 dan kelas 9, maka diambil sebesar 10% dari jumlah populasi sehingga diperoleh 53 orang sebagai responden dari Kelompok Eksperimen (KE) dan 53 orang dari Kelompok Kontrol (KK). Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala ordinal, dan pengujian hipotesis menggunakan uji U-Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam hal sosialisasi program Generasi Berencana (Genre) terhadap pengendalian diri (self control) pada siswa remaja di SMPN 39 Bandung, sehingga dapat dikatakan bahwa sosialisasi program Generasi Berencana (Genre) ini memberikan efek atau pengaruh terhadap pengendalian diri (self control) pada siswa remaja di SMPN 39 Bandung. Kata Kunci: Program Generasi Berencana (Genre), Pengendalian Diri, dan Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:34
Last Modified: 16 Oct 2019 01:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45965

Actions (login required)

View Item View Item