EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP (Studi Kualitatif Penggunaan Media Sosial WhatsApp oleh Mahasiswa Semester 8 Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Achmad Yani 2019)

SANI YUKI HIRO, NPM : 168080022 (2019) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP (Studi Kualitatif Penggunaan Media Sosial WhatsApp oleh Mahasiswa Semester 8 Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Achmad Yani 2019). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Sani Yuki Hiro.docx

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi interpersonal yang terjadi melalui media sosial whatsapp. Sebagaimana diketahui bahwa teknologi saat ini sudah semakin canggih dan dapat membantu manusia untuk melakukan komunikasi, tidak lain juga media sosial whatsapp. Karena kebutuhan komunikasi yang tepat dan cepat sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif dan menggunakan Media Richness Theory. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana media sosial whatsapp, dan dapat meningkatkan efektivitas komunikasi interpersonal. Peneliti menentukan mahasiswa semester 8 Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Achmad Yani 2019 sebagai subjek penelitian. Karena banyak mahasiswa diangkatan tersebut yang termasuk kedalam generasi milenial, yang diketahui bahwa generasi ini sangat gemar sekali menggunakan media sosial, khususnya whatsapp. Hasil dari penelitian menyatakan, bahwa media sosial whatsapp tidak cukup membuat komunikasi interpersonal menjadi lebih efektiv. Memang media sosial whatsapp memliki banyak fitur yang tersedia dan menjadi suatu media yang kaya karena memenuhi kriteria dari yang ditentukan oleh Daft dan Lengel (kesegeraan, keragaman isyarat, variasi bahasa, sumber personal) dan dapat membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan komunikasi. Tetapi efektivitas komunikasi interpersonal ditentukan oleh sikap keterbukaan, rasa empati, sikap mendukung, sikap posistif dan sikap kesetaraan yang dimiliki oleh pelaku komunikasi sebagaimana yang diutarakan oleh Margaretha dan indah. Kata Kunci: Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Media Sosial Whatsapp

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:57
Last Modified: 15 Oct 2019 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45950

Actions (login required)

View Item View Item