KINERJA PELAYANAN PASAR DITINJAU DARI FASILITAS, DAYA TAMPUNG DAN TINGKAT PELAYANAN PASAR INDUK CARINGIN KOTA BANDUNG

Ratih Kania Rochmah, 123060033 and Reza Martani Surdia, Ds and Zulphiniar Priyandoko, DS (2019) KINERJA PELAYANAN PASAR DITINJAU DARI FASILITAS, DAYA TAMPUNG DAN TINGKAT PELAYANAN PASAR INDUK CARINGIN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ratih Kania_123060033_PL.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pasar Induk Caringin yaitu pasar tradisional yang dikelola oleh pihak swasta. Pedagang yang ada di Pasar Induk Caringin awal mulanya berasal dari Pasar Induk Ciroyom yang dipindahkan karna mengganggu kelancaran laju lalulintas disekitar Pasar Ciroyom. Pasar Induk Caringin memiliki luas 22 Ha pada awal rencana pembangunannya, tetapi pembebasan lahan yang berhasil dengan luas 15 Ha dan telah dibangun seluas 12,4 Ha dengan menyediakan 2.405 sarana dagang yang dapat digunakan dalam kegaiatan jual beli. Sebagai pasar regional, terdapat ketidakteraturan yang terjadi di Pasar Induk Caringin seperti, pertambahan jumlah pedagang yang semakin pesat menimbulkan beberapa permasalahan yang saling berkaitan diantaranya lalu lintas jalan macet, para pedagang yang berdagang tidak pada tempatnya dan tidak sedikit fasilitas-fasilitas pendukung pasar yang kurang berfungsi, seperti lahan parkir dan trotoar juga para pedagang informal menggunakan pinggiran jalan yang mulai merambah kebadan jalan sebagai sarana berjualan. Salah satu dampak aktifitas pasar tersebut ialah polusi udara yang di timbulkan oleh timbunan-timbunan sampah pasar yang belum di angkut, atau sisasisa sayuran yang dibuang ke saluran drainase yang menimbulakan masalah cukup serius dikarenakan tempat pembuangan sampah yang ada sudah tidak mampu menampung jumlah sampah yang sangat banyak dari hampir sebagian masyarakat Kota Bandung. Analisis yang dilakukan dalam evaluasi kinerja pelayanan pasar berdasarkan fasilitas pasar, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu, Penyediaan fasilitas pasar sudah tersedia di area Pasar Induk Caringin, hanya saja kelengkapan fasilitas penunjang belum tersedia seperti tempat cuci tangan, ruang menyusui, cctv, ruang bersama, pos kesehatan, area merokok, ruang disinfektan, area penghijauan, dan lainnya. Keterisian sarana dagang di Pasar Induk Caringin dengan persentase 100%. Keberadaan pedagang kaki lima diluar dari sarana dagang yang tersedia, jika ingin merelokasi pedagang kaki lima diperlukan luasan 213 pedagang x 6 m² luasan ruang dagang minimal di Pasar Induk Caringin. Selain ruang dagang, kebutuhan fasilitas pasar lainnya meliputi pos ukur dan sidang tera, ruang menyusui, pos kesehatan, area merokok, area penghijauan, penampungan air/wastafel, pengolahan air limbah, TPS, dan tempat sampah. Penambahan fasilitas masih memungkinkan di area pasar, masih ada ruang kosong untuk pembangunan fasilitas-fasilitas penunjang pasar. Kata kunci : Pasar Induk, Fasilitas, Daya Tampung, Tingkat Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 15 Oct 2019 05:52
Last Modified: 15 Oct 2019 05:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45937

Actions (login required)

View Item View Item