PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 43 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SYIFA PIYANTINI PUTRI, 155030081 (2019) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 43 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Menulis juga upaya untuk memberikan informasi melalui tulisan. Dalam menulis, penulis dituntut untuk menuangkan segala ide yang ada didalam pikirannya. Tujuan menulis, yaitu untuk memberikan informasi secara tulisan dan menuangkan gagasan atau ide kedalam bentuk tulisan. Metode pembelajaran resitasi merupakan metode penugasan yang diberikan oleh pendidik untuk peserta didik. Pengerjaan tugas itu dilakukan diluar ruangan kelas. Penggunaaan metode resitasi ini dipakai untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Hal ini tentu menjadikan pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi dapat menjadikan peserta didik melakukan pembelajaran dengan menuangkan segala gagasan dan ide dengan tujuan akhir yang diinginkan. Penulis tertarik mengangkat judul skripsi “Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi dengan Menggunakan Metode Resitasi pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 43 Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020.” Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) penulis mampu merencanaan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks narasi dengan menggunakan metode resitasi. Penulis mendapatkan nilai rata-rata 3,6. Sedangkan pada kelas kontrol penulis menggunakan diskusi dan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,5. Maka berdasarkan kriteria penilaian, penulis mendapatkan nilai A (sangat baik). Peserta didik mampu menceritakan kembali isi teks narasi dan dibuktikan dari hasil pretes kelas eksperimen, mendapatkan nilai rata -rata sebesar 3,03 dan postes mendapat nilai rata-rata sebesar 75. Sedangkan kelas kontrol dari hasi pretes mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,46 dan postes nilai rata-ratanya sebesar 65. Hasil belajar pesertad didik kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Dengan peningkatan sebesar 71,97 > 60,54. Metode restasi yang digunakan dikelas eksperimen lebih ekeftif dibandingkan metode diskusi yang digunakan pada kelas kontrol. Hasil ini dapat dibuktikan pada uji Mann Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,035. Apabila nilai sig. 0,035 < 0,05 maka hipoteisis diterima. Berdasarkan hasil tesebut penulis menyimpulkan bahwa metode resitasi lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks narasi. Kata kunci: Menulis, teks narasi, resitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2019 08:36
Last Modified: 11 Oct 2019 08:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45691

Actions (login required)

View Item View Item