SARI PUTRI LESTARI, 155030103 (2019) PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DAN GAGASAN DALAM BENTUK CERITA PENDEK DENGAN MEMERHATIKAN STRUKTUR MENGGUNAKAN MODEL HONEY AND MUMFORD PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
A. COVER.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
B. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
D. ABSTRAK 1.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
E. ABSTRAK 2.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
F. ABSTRAK 3.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
N. BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
O. BAB II.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text
P. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
Text
Q. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
R. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
Text
S. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada penulis mengenai pembelajaran mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memerhatikan struktur menggunakan model Honey and Mumford pada kelas IX SMP Pasundan 4 Bandung tahun pelajaran 2019/2020. Rumusan masalah yang mewakili keseluruhan mengenai adakah peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen berbentuk True Experimental Design serta teknik penelitian yang digunakan yaitu uji coba, observasi, dan tes. Adapun hasil penelitian pada kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai pretes sebesar 49,83 dan rata-rata nilai postes sebesar 75,17. Sementara rata-rata hasil pretes sebesar 47,00 dan hasil rata-rata postes sebesar 49,83 pada kelas kontrol. Sehingga menghasilkan presentase peningkatan nilai hasil pretes ke postes sebesar 25,34% pada kelas eksperimen dan 2,84% pada kelas kontrol. Model Honey and Mumford efektif digunakan dalam pembelajaran mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memerhatikan struktur pada peserta didik kelas IX SMP Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti dengan dengan hitung statistik dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05,. Berdasarkan fakta-fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memerhatikan struktur berhasil. Kata Kunci : keterampilan, menulis, model Honey and Mumford, teks cerpen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 07:15 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45669 |
Actions (login required)
View Item |