PENOLAKAN PEMBERIAN BPJS OLEH PT. ALPEN FOOD INDUSTRY (AFI) DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Dimas Ghifari Ajie, 151000033 (2019) PENOLAKAN PEMBERIAN BPJS OLEH PT. ALPEN FOOD INDUSTRY (AFI) DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 2.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

PT. Alpen Food Industry atau yang disingkat PT. AFI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dari makanan khususnya es krim, ternyata berdasarkan beberapa informasi yang didapat telah terjadi penolakan pemberian BPJS atau belum didaftarkan program BPJS Ketenakerjaan bagi tenaga kerja. Dengan demikian tenaga kerja tersebut tidak memiliki jaminan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua. Adapun yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana terjadinya penolakan pemberian BPJS terhadap tenaga kerja pada PT. AFI? Bagaimana akibat hukum atas penolakan BPJS oleh PT. AFI dihubungkan dengan Undang–Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan? Bagaimana upaya penyelesaian dan solusi yang dilakukan atas penolakan pemberian BPJS terhadap tenaga kerja pada PT. AFI? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif–analitis, yaitu menganalisis permasalahan yang ada melalui data yang telah dikumpulkan kemudian diolah serta disusun dengan berlandasakan kepada teori-teori dan konsep-konsep yang digunakan. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif, penelitian difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah/norma dalam hukum positif. Tahap penelitian meliputi penelitian kepustakaan yaitu penelitian terhadap data sekunder berupa peraturan perundang-undangan, buku-buku yang relevan, serta hasil penelitian, dan bahan hukum tersier berupa penjelasan terhadap bahan hukum premier dan sekunder, penelitian lapangan yaitu penelitian langsung terhadap objek penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi studi dokumen yaitu suatu alat pengumpul data, yang digunakan melalui data tertulis dan wawancara, yaitu cara untuk memperoleh informasi dengan bertanya langsung kepada pihak yang terlibat dalam masalah yang diteliti. Alat pengumpul data dalam penelitian kepustaan berupa catatan dalam teknik pengumpul data. Analisis data menggunakan metode yuridis kualitatif, yaitu menganalisis data sekunder dan data premier yang dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perlindungan tenaga kerja disebabkan oleh terjadinya penolakan pemberian hak tenaga kerja yaitu hak perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang berupa program jaminan BPJS oleh PT. AFI, sehingga menyebabkan banyak dari tenaga kerja yang tidak mendapatkan haknya. Akibat hukum atas penolakan pemberian BPJS oleh PT. AFI yang melanggar ketentuan Pasal 86 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan yaitu sanksi administratif. Upaya penyelesaian dan solusi atas penolakan pemberian BPJS terhadap tenaga kerja pada PT. AFI tersebut, yaitu telah dilakukannya mediasi antara perusahaan dan tenaga kerja, dan solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara segera mendaftarkan perusahaan maupun pekerja sebagai bagian dari program BPJS sesuai dengan ketentuan Undang-Undang dan pemerintah. Kata Kunci: Perlindungan Tenaga Kerja, Perusahaan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:00
Last Modified: 11 Oct 2019 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45664

Actions (login required)

View Item View Item