PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR DI SDN 3 LIMBANGAN TENGAH (Eksperimen Kuantitatif di Kelas V (lima) SDN 3 Limbangan tengah Kecamatan Bl. Limbangan Kabupaten Garut)

Mohamad Faisyal, 155060053 (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR DI SDN 3 LIMBANGAN TENGAH (Eksperimen Kuantitatif di Kelas V (lima) SDN 3 Limbangan tengah Kecamatan Bl. Limbangan Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V(LIMA) SDN 3 LIMBANGAN TENGAH “. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Apabila motivasi belajar siswa meningkat,baik secara instrinsik maupun secara ekstrinsik diharapkan kemampuan siswa dalam menyerap dan memahami materi ajar akan meningkat pula. Permasalahan yang ditampilkan dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan metode reward and punishment dalam kegiatan belajar mengajar terhadap motivasi belajar siswa.Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode eksperiment. Penulis melakukan penelitian di dua kelas yang berbeda, yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperiment. Pada saat mengajar di kelas control penulis melaksanakan pretest, kemudian melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, selanjutnya melaksanakan postest. Setelah selesai kegiatan postest siswa di tugaskan untuk mengisi angket yang telah penulis siapkan. Selanjutnya pada jam berikutnya penulis melakukan hal yang sama di kelas eksperiment tetapi dengan menggunakan metode tambahan yaitu metode reward and punishment. Hasil yang penulis peroleh setelah penulis menganalisis, manapsirkan dan melakukan pengolahan data, bahwa penggunaan metode reward and punishment dalam kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, bahkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi ajarpun meningkat dengan sangat signipikan, jika dibandingkan dengan kegiatan belajar mengajar yang tidak menggunakan metode reward and punisment. Kesimpulan yang penulis peroleh adalah metode reward and punishment sangat baik digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, agar dengan bekal motivasi yang kuat dan tinggi pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan akan baik dan meningkat. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik pada masalah yang sama, penggunaan metode reward and punishment bisa diterapkan untuk mata pelajaran apa saja, tidak hanya untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata Kunci : Metode pembelajaran, Motivasi belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:02
Last Modified: 11 Oct 2019 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45640

Actions (login required)

View Item View Item