RIFA DIARSALAMA, 155030113 (2019) PEMBELAJARAN MEMBUAT SINOPSIS TEKS NONFIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITED RIVIEW (SQ3R) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya keterampilan menulis pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran membuat sinopsis teks nonfiksi dengan menggunakan metode pembelajaran survey question read recited review (SQ3R), untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam membuat sinopsis teks nonfiksi dengan menggunakan metode pembelajaran survey question read recited review (SQ3R) dan mengetahui keefektifan metode pembelajaran survey question read recited review (SQ3R) yang digunakan dalam pembelajaran membuat sinopsis teks nonfiksi. Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah metode quasi experimental design jenis nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, tes dan uji coba. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran membuat sinopsis teks nonfiksi dengan menggunakan metode pembelajaran survey question read recited review (SQ3R) pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perencanaan mendapatkan 3,6 dan pelaksanaan mendapatkan 3,7 nilai keduanya sangat baik (A). Peserta didik di SMP Pasundan 4 Bandung mampu membuat sinopsis teks nonfiksi dengan menggunakan metode pembelajaran survey question read recited review (SQ3R). Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretes 37,6 dan nilai rata-rata postes 91,2, peningkatannya sebesar 53,6. Metode pembelajaran survey question read recited riview efektif digunakan pada pembelajaran membuat sinopsis teks nonfiksi pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik thitung > ttabel, yaitu 38,01 > 25,9 dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 26. Kata Kunci : Menulis, Metode Pembelajaran Survey Question Read Recited Review (SQ3R, Membuat, Sinopsis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 06:53 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 06:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45616 |
Actions (login required)
View Item |