Meilisa Permatasari Wijaya, 155030106 (2019) PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI POSTER (YANG MEMBANGGAKAN DAN MEMOTIVASI) DARI BERBAGAI SUMBER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
Text
daftar pustaka revisian.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh setiap orang. Media Flip Chart merupakan lembaran kertas yang berisikan bahan pelajaran yang tersusun dengan rapi dan baik dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik dalam menyimpulkan isi poster. Untuk melihat kemampuan peserta didik peneliti dapat membandingkannya pada hasil pretes dan postes yang diberikan pada peserta didik kelas VIII. Tujuan yang ingin peneliti capai dalam pembelajaran menyimpulkan isi poster sebagai berikut: 1) untuk menguji kemampuan dalam merencanakan, melakukan dan menilai pembelajaran dalam menyimpulkan isi poster; 2) untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menyimpulkan isi poster dengan memperhatian ketepatan penggunaan bahasa; 3) untuk menguji ke efetiktifan dengan menggunaan media flip chart. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah : 1) peneliti mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai yang diperoleh peneliti pada tahap perencanaan yaitu 3,70 dan nilai rata-rata untuk pelaksanaan yaitu 3,47, sedangkan di kelas kontrol peneliti memperoleh nilai dalam perencanaan yaitu 3,68 dan nilai rata-rata untuk pelaksanaan yaitu 3,40; 2) Media Flip Chart efektif digunakan dalam pembelajaran menyimpulkan isi poster untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen pada pretes yaitu 46,43 dan rata-rata hasil postes sebesar 66.17 sedangkan nilai rata-rata hasil pretes pada kelas kontrol sebesar 50.07 dan rata-rata hasil postes sebesar 50,00; 3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol dengan peningkatan sebesar 406,00 > 250,50. Pada Uji Mann-whitney yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila Sig. 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasl tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa media flip chart lebih efektif digunakan pada saat pembelajaran menyimpulkan isi poster (yang membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber. Kata kunci : Menulis, media flip chart, uji Mann Whitney.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 06:45 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45615 |
Actions (login required)
View Item |