PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING LEARNING DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI PADA SISWA KELAS X SMKN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AYU KARTIKA, 155030077 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING LEARNING DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI PADA SISWA KELAS X SMKN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulit dan rumitnya dalam pembelajaran memproduksi puisi dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Hal ini ditandai sulitnya peserta didik dalam menemukan ide kreatif untuk dituangkan menjadi sebuah tulisan yang menarik. Berdasarkan hal ini peneliti mengujicobakan model pembelajaran probing-prompting learning sebagai alternatif pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Berkaitan dengan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting learning dengan peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran probing-prompting learning dalam menulis puisi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menguji keefektifan strategi probing-prompting learning dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMKN 15 Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa model pembelajaran probingprompting learning dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-PS 2 dan X-PS3 SMKN 15 Bandung. Berdasarkan hasil pertimbangan, ditetapkan bahwa kelas X-PS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-PS 3 sebagai kelas kontrol. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsurunsur pembangun puisi pada peserta didik kelas X SMKN 15 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang didapat penulis dari pendidik mata pelajaran terkait sebesar 3,8 dengan kategori sangat baik. Peserta didik kelas X SMKN 15 Bandung mampu menulis puisi dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun puisi dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting learning. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pretes sebesar dan nilai postes sebesar. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar . Model pembelajaran probing-prompting learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil kelompok eksperimen sebagian besar gain skor terdapat kategori tinggi 15 atau 75% sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 7 atau 35% yang berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa adanya keberhasilan dalam penelitian tersebut. Kata Kunci: Menulis, probing-prompting learning, memproduksi puisi, unsur-unsur pembangun puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:25
Last Modified: 09 Oct 2019 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45541

Actions (login required)

View Item View Item