PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Regresi Linear Sederhana Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN se-Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung)

RIMA NURAFIFAH, 155060164 (2019) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Regresi Linear Sederhana Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN se-Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER .pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Bahasa Inggris .pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar yang optimal perlu diupayakan. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar yaitu orang tua. Rendahnya hasil belajar peserta didik diharapkan dapat teratasi apabila peserta didik mendapat bimbingan belajar dari orang tuanya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan belajar oleh orang tua terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dan seberapa besar pengaruhnya serta seberapa besar hubungan bimbingan belajar oleh orang tua (X) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (Y). Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN se Desa Pangauban Kecamatan Katapang dengan jumlah sampel orang tua sebanyak 179 dan peserta didik sebanyak 179. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data kemudian melakukan uji normalitas dan uji linearitas data sebagai uji prasyarat. Untuk menjawab rumusan masalah peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana dan menggunakan program SPSS versi 16 untuk mempermudah penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar oleh orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Besarnya pengaruh bimbingan belajar oleh orang tua terhadap hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 7,3% jika dilihat dari angket yang diisi oleh orang tua, dan 6,5% jika dilihat dari angket peserta didik dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan besarnya hubungan variabel X terhadap Y adalah sebesar 27,1% sedangkan jika dilihat dari angket peserta didik pengaruhnya 26,5%. Berdasarkan pemaparan di atas bimbingan belajar oleh orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu antara pihak sekolah, guru dan orang tua harus terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik agar tercapainya kesuksesan belajar peserta didik sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : bimbingan belajar, orang tua, hasil belajar, kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 09:26
Last Modified: 08 Oct 2019 09:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45500

Actions (login required)

View Item View Item