RIMA NURAFIFAH, 155060164 (2019) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Regresi Linear Sederhana Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN se-Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER .pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
7.Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Bahasa Inggris .pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar yang optimal perlu diupayakan. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar yaitu orang tua. Rendahnya hasil belajar peserta didik diharapkan dapat teratasi apabila peserta didik mendapat bimbingan belajar dari orang tuanya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan belajar oleh orang tua terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dan seberapa besar pengaruhnya serta seberapa besar hubungan bimbingan belajar oleh orang tua (X) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (Y). Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN se Desa Pangauban Kecamatan Katapang dengan jumlah sampel orang tua sebanyak 179 dan peserta didik sebanyak 179. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Peneliti menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data kemudian melakukan uji normalitas dan uji linearitas data sebagai uji prasyarat. Untuk menjawab rumusan masalah peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana dan menggunakan program SPSS versi 16 untuk mempermudah penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar oleh orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Besarnya pengaruh bimbingan belajar oleh orang tua terhadap hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 7,3% jika dilihat dari angket yang diisi oleh orang tua, dan 6,5% jika dilihat dari angket peserta didik dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan besarnya hubungan variabel X terhadap Y adalah sebesar 27,1% sedangkan jika dilihat dari angket peserta didik pengaruhnya 26,5%. Berdasarkan pemaparan di atas bimbingan belajar oleh orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu antara pihak sekolah, guru dan orang tua harus terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik agar tercapainya kesuksesan belajar peserta didik sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : bimbingan belajar, orang tua, hasil belajar, kognitif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 09:26 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 09:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45500 |
Actions (login required)
View Item |