PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Pada Guru SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung)

WAWAN SUNARYA, NPM : 158020214 (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Pada Guru SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Wawan Sunarya.docx

Download (106kB)

Abstract

Sunarya, Wawan. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Guru SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung). Program Studi Magister Manajemen Konsentrasi Manajemen Pendidikan Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Heri Erlangga, M.Pd. (II) Dr. Ir. Iyus Rustandi, M.Si. Penelitian ini secara khususbertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai (a) Gambaran kinerja guru pada SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung; (b) Gambaran kepimpinan kepala sekolah pada SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung; (c) Gambaran motivasi kerja guru pada SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung; (d) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung; (e) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru pada SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung; (f) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru bersama-sama terhadap kinerja guru pada SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei-verifikatif. Penelitian survei adalah penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah individu/unit analisis, sehingga ditemukan fakta atau keterangan secara faktual mengenai gejala suatu kelompok atau perilaku individu, dan hasilnya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan rencana atau pengambilan keputusan. Penelitian survei ini merupakan studi yang bersifat kuantitatif dan umumnya survei menggunakan kuesioner sebagai alat pengambil data. Sementara penelitian pengujian (verifikatif) adalah penelitian yang diarahkan untuk menguji kebenaran (teori) sesuatu dalam bidang yang telah ada. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan: 1. Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 40,23%. Sisanya, kinerja guru dipengaruhi oleh faktor lain (epsilon). Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa semakin efektif kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsi kepemimpinannya, maka akan diikuti oleh semakin tingginya kinerja guru. 2. Hasil penelitian ini menginformasikan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 22,89%. Sisanya, kinerja guru dipengaruhi oleh faktor lain (epsilon). Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi motivasi yang dimiliki oleh guru, maka akan diikuti oleh semakin tingginya kinerja yang dimiliki guru. 3. Hasil penelitian ini menginformasikan adanya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama, yang signifikan terhadap kinerja guru, yaitu sebesar 63,12%, dan sisanya 36,88% kinerja guru dipengaruhi oleh faktor lain (epsilon). Kontribusi terbesar yang mempengaruhi kinerja guru diperoleh melalui kepemimpinan kepala sekolah (40,23%) dan motivasi kerja guru (22,89%). Kata kunci: Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja, Sekolah Kejuruan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:40
Last Modified: 09 Oct 2019 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45439

Actions (login required)

View Item View Item