Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Nilai Jasa dan Implikasinya Pada Kepuasaan Pasien (Survei Pada Pasien BPJS Klinik Pratama Rahardja)

Chindy Deka Aritaningrum, NPM. 158020169 (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Nilai Jasa dan Implikasinya Pada Kepuasaan Pasien (Survei Pada Pasien BPJS Klinik Pratama Rahardja). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Chindy Deka_158020169_MIH_copy.docx

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan, nilai jasa, dan kepuasan pasien pada Klinik Pratama Rahardja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif analitik dan verifikatif. Penentuan ukuran sampel yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari perhitungan yang dibuat berdasarkan rumus Slovin. Dalam menentukan jumlah sampel yang akan dipilih, penulis menggunakan tingkat kesalahan sebesar 5%. Jumlah populasi sebagai dasar perhitungan yang digunakan selama bulan April - September 2018 adalah 673 pengunjung Klinik Pratama Rahardja. Maka jumlah sampel yang digunakan peneliti sebanyak 250 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan dan nilai jasa secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Semakin tinggi nilai jasa kesehatan maka akan meningkatkan kualitas pelayanan. Arah hubungan nilai jasa terhadap kepuasan pasien adalah positif, hal ini menunjukan adanya hubungan yang searah antara nilai jasa dengan kepuasan pasien. Kata kunci : kualitas jasa, IOM, nilai jasa, kepuasan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Oct 2019 09:07
Last Modified: 07 Oct 2019 09:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45421

Actions (login required)

View Item View Item