Muti’a Syifa Nurulhidayah, 155060198 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas V SDN se-Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survei, teknik pengambilan sampel menggunanakan purposive sampling karena tidak semua anggota dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan adanya perangkat digital sangat besar pengaruhnya baik positif maupun negatif, dalam gadget terdapat internet sering dijuluki sebagai lautan informasi, jumlah informasi yang tersedia pun sangat banyak menggunakan satu kata kunci saja akan muncul berbagai informasi sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil pengujian uji normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,327 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal, hasil pengujian linearitas data diketahui nilai signifikan si 0,248 > 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan linear yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar, hasil regresi menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 artinya terdapat pengaruh pada dilihat pada R square sebesar 18,5 % dengan nilai R korelasi sebesar 0,430 hubungan yang diperoleh antara penggunaan gadget terhadap hasil belajar adalah sangat kuat. Sehingga persamaan regresinya diterjemahkan konsisten variabel hasil belajar sebesar 66,793, koefisien regresi X sebesar 0,178 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai gadget, maka nilai hasil belajar bertambah sebesar 0,178. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar sebesar 18,5% sisanya dipengaruhi faktor lain sehingga Ha diterima dan H o ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dassar se-Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 08:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 08:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45418 |
Actions (login required)
View Item |