Zulfikar Ali Rachman, 155060182 (2019) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas V di SD Negeri Se-Desa Pangauban, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.
|
Text
1. Cover.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui minat membaca siswa, prestasi belajar, dan hubungan minat membaca dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung yaitu di SDN Cilampeni 1, SDN Cilampeni 2, SDN Cilampeni 3, SDN Katapang, SDN Babakan Sondari 1, dan SDN Babakan Sondari 2. Prestasi belajar yang kurang maksimal menjadi permasalahan penelitian ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi presasi belajar yaitu minat. Minat membaca menjadi salah satu faktor kurang maksimalnya prestasi belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian korelasional. Jumlah populasi yaitu 355 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan didapatkan 235 dengan responden yang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji statistik deskriptif dan uji korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel minat membaca dengan variabel prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan persentase minat membaca siswa sebesar 85,68% termasuk dalam kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa diperoleh persebaran rentang nilai terbanyak pada nilai 78-80,5 sebanyak 58 dengan persentase 24,7%. Pada uji korelasi, diperoleh nilai signifikansi sebasar 0,000 < 0,05 berarti terdapat hubungan positif antara minat membaca dengan prestasi belajar siswa. Diperoleh nilai korelasi sebasar 0,447 termasuk dalam kategori cukup. Diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 20%, berarti minat membaca memberikan kontribusi sebesar 20% terhadap prestasi belajar. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti ρ = 0 ditolak maka ρ ≠ 0 diterima. Dapat disimpulkan bahwa 1) variabel minat membaca termasuk dalam kategori sangat baik, 2) prestasi belajar siswa diperoleh persebaran nilai terbanyak pada rentang nilai 78,80,5, 3) terdapat hubungan yang cukup yang positif antara minat membaca dan prestasi belajar dan variabel minat membaca memberikan kontribusi sebesar 20% terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Hubungan, Minat Membaca, Prestasi Belajar, Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 08:01 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 08:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45411 |
Actions (login required)
View Item |