PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

YOSA ASTRIA, 155060130 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa di SDN 1 Kertajaya dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Guru belum ahli dalam mengaplikasikan model-model pembelajaran sehingga menyebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa lambat dalam memahami pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran dengan salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Kertajaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann Withney, uji gain ternormalisasi, dan uji effect size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 22. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0,007 melalui uji Mann Withney, terdapat peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen sebanyak 79% dan 69% di kelas kontrol melalui uji gain, dan terdapat pengaruh model Teams Assisted Individualization (TAI) sebesar 0,61 yang berkategori besar melalui uji effect size. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Kertajaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:42
Last Modified: 08 Oct 2019 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45407

Actions (login required)

View Item View Item