PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SDN Sadu 01 Kab Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Fauziana Zahra, 155060034 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SDN Sadu 01 Kab Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 cover skripsi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Indonesia.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak sunda.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif dalam kelancaran peserta didik untuk mengemukakan gagasannya. Peserta didik belum aktif dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan guru terkait dengan materi. Peserta didik yang belum diarahkan dengan baik untuk belajar mandiri dalam mencari alternatif jawaban dari permasalahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model project based learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi tema organ gerak hewan dan manusia subtema sistem organ gerak hewan di kelas V SDN Sadu 01. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Pengambilan data melalui observasi dan tes yaitu berupa pretest dan posttest untuk mengambil data kemampuan berpikir kreatif siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model project based learning di SDN Sadu 01. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogen, uji t, uji N-gain ternormalisasi, dan uji effect size. Pengujian tersebut menggunakan SPSS 16. Hasil analisis data pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan posttest kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,000 melalui uji t. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen 68% dan 10% di kelas kontrol melalui uji N-gain, dan terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 3,72 yang berkategori besar melalui uji effect size. Dengan demikian model project based learning memberikan pengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V SD. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif siswa, model pembelajaran project based learning,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2019 06:25
Last Modified: 07 Oct 2019 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45399

Actions (login required)

View Item View Item