SANDIKA SUGESTI, 155050064 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I PENDAHULUAN.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II KAJIAN TEORETIS.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
BAB_III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
Text
BAB_IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
||
Text
BAB_V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Realistic mathematic education (RME) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Mengetahui pencapaian self confidence yang memperoleh model Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Mengetahui berapa nilai efektifitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Nusantara Bandung. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Realistic Mathematic Education (RME) dan Kelas VII C sebagai kelas konrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self-confidence. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) pencapaian self confidence siswa yang memperoleh model Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) efektivitas model pembelajaran RME untuk kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh 1,44yang termasuk dalam kategori besar. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Confidence , dan Model Realistic mathematic education (RME)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 03:56 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 03:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45392 |
Actions (login required)
View Item |