PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA SMP

SANDIKA SUGESTI, 155050064 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II KAJIAN TEORETIS.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB_III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB_IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
BAB_V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Realistic mathematic education (RME) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Mengetahui pencapaian self confidence yang memperoleh model Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Mengetahui berapa nilai efektifitas model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Nusantara Bandung. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Realistic Mathematic Education (RME) dan Kelas VII C sebagai kelas konrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self-confidence. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) pencapaian self confidence siswa yang memperoleh model Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) efektivitas model pembelajaran RME untuk kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh 1,44yang termasuk dalam kategori besar. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Confidence , dan Model Realistic mathematic education (RME)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:56
Last Modified: 07 Oct 2019 03:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45392

Actions (login required)

View Item View Item