Mela Dara Fitriani, 155060138 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas SD Negeri IV Patrol Lor kecamatan Patrol kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract inggris.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 2 mela.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III mela.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
||
Text
bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model inquiri pada subtema Manusia dan Lingkungan di kelas V SD Negeri IV Patrol Lor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa dikarenakan siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru, siswa tidak konsentrasi saat proses pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran konvensional seperti ceramah, sedangkan guru belum mencoba model-model pembelajaran lainnya khususnya model inquiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan evaluasi atau refleksi. pada siklus 1, hasil yang di dapat oleh peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 14 siswa dari 20 siswa berarti hanya 70% dari keseluruhan yang mencapai KKM dengan nilai tertinggi 97,5 dan yang terendah 40 dan rata-rata nilai pada siklus 1 sebesar 74,6. Pada siklus 2 peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 17 siswa dari 20 siswa berarti 85% dari keseluruhan siswa yang mencapai KKM dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65 dan rata-rata nilai pada siklus 2 sebesar 88,12. Pada siklus 3 peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 19 siswa dari 20 siswa, berarti 95% siswa sudah mencapai KKM dengan nilai tertinggi 100 dan tersendah 65 dan rata-rata nilai pada siklus 3 sebesar 95,75. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry sangat menunjang terhadap peningkatan Prestasi belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan di kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model inquiry dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata kunci: inquiry, Prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 08:30 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 08:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45370 |
Actions (login required)
View Item |