PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas SD Negeri IV Patrol Lor kecamatan Patrol kabupaten Indramayu)

Mela Dara Fitriani, 155060138 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas SD Negeri IV Patrol Lor kecamatan Patrol kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract inggris.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi bab 1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi bab 2 mela.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III mela.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model inquiri pada subtema Manusia dan Lingkungan di kelas V SD Negeri IV Patrol Lor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa dikarenakan siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru, siswa tidak konsentrasi saat proses pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran konvensional seperti ceramah, sedangkan guru belum mencoba model-model pembelajaran lainnya khususnya model inquiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan evaluasi atau refleksi. pada siklus 1, hasil yang di dapat oleh peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 14 siswa dari 20 siswa berarti hanya 70% dari keseluruhan yang mencapai KKM dengan nilai tertinggi 97,5 dan yang terendah 40 dan rata-rata nilai pada siklus 1 sebesar 74,6. Pada siklus 2 peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 17 siswa dari 20 siswa berarti 85% dari keseluruhan siswa yang mencapai KKM dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65 dan rata-rata nilai pada siklus 2 sebesar 88,12. Pada siklus 3 peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 19 siswa dari 20 siswa, berarti 95% siswa sudah mencapai KKM dengan nilai tertinggi 100 dan tersendah 65 dan rata-rata nilai pada siklus 3 sebesar 95,75. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry sangat menunjang terhadap peningkatan Prestasi belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan di kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model inquiry dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata kunci: inquiry, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2019 08:30
Last Modified: 05 Oct 2019 08:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45370

Actions (login required)

View Item View Item