PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR TERHADAP SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat )

Ulfi Maulida Rachmat, 155060049 (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR TERHADAP SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Caver.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.inggris.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak b. sunda.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 acc.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II acc.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III acc.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
bab IV acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB V acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Perhatian Orangtua terhadap minat belajar anaknya merupakan suatu hal yang penting yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua demi suatu keberhasilan belajar anaknya. Minat belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain oleh perhatian orang tua terhadap belajar anaknya. Perbedaan perhatian orang tua dalam minat belajar anaknya dapat memberikan motivasi yang tinggi dan prestasi belajar yang bagus pada diri anaknya, seperti halnya perhatian Orangtua dalam minat belajar siswa kelas IV SD Negeri I,II,III Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1. Untuk mengetahui adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa, 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orangtua terhadap minat belajar siswa, 3. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan perhatian orangtua terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Survey dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis survey dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD di kecamatan cipatat. Penelitian ini mempunyai populasi sebanyak 120, teknik pengambilan sampel meng gunakan non probability sampling dengan memakai tabel guttman dengan mengambil reponden 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi dengan siswa. Uji coba instrument menggunakan uji validasi dan uji reliabilitas sehingga diperoleh semua butir aitem valid dan reliable yaitu berjumlah 40 butir item, analisis data yang dilakukan dengan uji hipotesis dan regresi linear sederhana. Hasil penilaian persentase pada angket perhatian orang tua menunjukan bahwa 82,28% sedangkan pada angket minat belajar menunjukan bahwa 88,91% dengan kategori baik dan adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 25,210 dan nilai 5,021. Besaran pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa dapat dilihat dari R 2 yaitu sebesar 0,303, maka 0,303 X 100% = 0,303%, sedangan nilai hasil simultan bersignifikan sebesar 0,00. Artinya pengaruh perhatian orang tua berpengaruh terhadap minat belajar sebesar 0,00, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2019 08:10
Last Modified: 05 Oct 2019 08:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45365

Actions (login required)

View Item View Item