Putri Arini, 155060033 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Subtema 1 “Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 066 Halimun Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Inggris.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Sunda.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penulis melakukan tindakan kelas di kelas IVE SDN 066 Halimun Bandung Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya pemahaman siswa pada saat pembelajaran, siswa kurang memiliki sikap peduli terhadap teman dan lingkungan saat pembelajaran dan hasil belajar rendah. Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus teridiri dari 2 pembelajaran. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar tes, lembar observasi dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatakan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (Siklus I mencapai 77%, siklus II mencapai 88%, siklus III mencapai 95%. Kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (Siklus I mencapai 76%, siklus II mencapai 83%, siklus III mencapai 90%. Ketiga, adanya peningkatan hasil belajar pengetahuan (Siklus I pretest 36% posttest 54%, siklus II pretest 57% posttest 71%, siklus III Pretest 86% posttest 93%. Keempat, adanya peningkatan sikap peduli (Siklus I mencapai nilai 34%, Siklus II mencapai 64%, siklus III mencapai 95%. Kelima, adanya peningkatan ketermapilan (Siklus I mencapai 40%, siklus II mencapai 68%, siklus III mencapai 93%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model Problem Based Learning pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku dapat menningkatkan sikap peduli dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 066 Halimun Kota Bandung. Kata Kunci : Problem Based Learning dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 07:51 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45363 |
Actions (login required)
View Item |