HENI, 155060047 (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Quasi Eksperimen Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Sub Tema1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih di Kelas V SDN Pasawahan 01 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (852kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model project based learning berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN Pasawahan 01 pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan, subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tematik tema 2 udara bersih bagi kesehatan, subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih antara model project based learning dengan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen (VA) 20 siswa menggunakan model project based learning dan kelas kontrol (VB) 20 siswa menggunakan model discovery learning. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tipe pilihan ganda yang terdiri dari tes keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh: (1) Dari hasil uji regresi linier sederhana diperoleh hasil posttest kelas eksperimen dengan nilai Sig. sebesar 0.020 atau nilai Sig. 0.020 < 0.05. Dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tematik dikelas V SDN Pasawahan 01 pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan, subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih. (2) Dari hasil uji independent sample t test diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 80,8 dan posttest kelas eksperimen sebesar 67,8. Selisih posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 13,0. Sedangkan untuk nilai Sig. (2- tailed) diperoleh nilai Sig. posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0.007 atau nilai Sig. 0.007 < 0.005. Dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tematik tema 2 udara bersih bagi kesehatan, subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih antara model project based learning dengan model discovery learning. Kata Kunci: Model Project Based learning, Keterampilan Proses Sains Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 07:05 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45352 |
Actions (login required)
View Item |