PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 4, Damar Kabupaten Belitung Timur Tahun Ajaran 2016/2017)

Halim, 125060047 (2019) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 4, Damar Kabupaten Belitung Timur Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bhs indonesia.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bhs inggris.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bhs sunda.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model Inquiring Minds Want To SDN 4 ,Damar Kabupaten Belitung Timur. (2) Memperoleh bukti penerapan model Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung 2 siklus. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas Kelas IV SDN 4, Damar Kabupaten Belitung Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi data, sedangkan analisis data hasil penelitian menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran menggunakan metode Inquiring Minds Want To Know mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas Kelas IV SDN 4, Damar Kabupaten Belitung Timur, ini didukung dengan adanya peningkatan rasa senang dan kompetisi pada saat pembelajaran untuk memperoleh hasil diskusi yang maksimal. 2) Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat belajar siswa berdasarkan hasil pada angket pra tindakan sebesar 52,17% meningkat menjadi 69,56% pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 91,30% serta didukung dengan hasil pengamatan dari sklus I sebesar 52,17% ke siklus II sebesar 91,30% mengalami peningkatan sebesar 39,13%. Dari hasil pengamatan dan angket diperoleh rata-rata minat belajar siswa pada siklus I sebesar 70,43% dan pada siklus II 87,82%. Hal ini berarti menunjukkan bahwa minat belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian, penerapan metode Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas Kelas IV SDN 4, Damar Kabupaten Belitung Timur. Kata kunci : Metode Inquiring Minds Want To Know, Minat Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2019 06:37
Last Modified: 05 Oct 2019 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45351

Actions (login required)

View Item View Item