PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas III SD Negeri 033 Asmi Bandung)

Devi Intan Pratiwi, 155060067 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas III SD Negeri 033 Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian eksperimen dilaksanakan di kelas IIIC sebagai kelas eksperimen dan III-D sebagai kelas kontrol SD Negeri 033 Asami Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas III SD Negeri 033 Asmi Bandung yang kurang aktif dikarenakan guru sering menggunakan model konvensional, sedangkan dengan digunakanya model pembelajaran yang lain khususnya dengan menggunakan model pembelajaran numbered heands together belum pernah dilaksanakan sebelumnya pada saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan uji normalitas, linearitas, homogenitas, uji-t dan regresi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 hari. Pembelajran dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran numbered heands together yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1. Merumuskan Masalah, 2. Merumuskan jawaban sementara (hipotesis), 3.Menguji jawaban tentative, 4. Menarik kesimpulan, 5. Menerapkan kesimpulan dan generalisasi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik pretest dan posttest. Teknik Teknik pretest dilaksanakan sebelum adanya perlakuan dan teknik posttest dilaksanakan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran numbered heands together dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil nilai F hitung = 0,58 dengan tingkat signifikan sebesar 0,016 > 0,05. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan digunakanya model pembelajaran numbered heands together si SD Negeri 033 Asmi Bandung. Dengan demikian, model pembelajaran numbered heands together dapat digunakan pada proses pembelajaran . Kata Kunci: Numbered Heands Together, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2019 06:19
Last Modified: 05 Oct 2019 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45346

Actions (login required)

View Item View Item