SITI NURHASANAH, 155040005 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TALKING CHIPS MENGGUNAKAN APLIKASI FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative type talking chips menggunakan media aplikasi facebook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep virus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA C dengan jumlah peserta didik 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini di uji dengan statistik non parametrik menggunakan uji wilcoxon pada taraf signifikasi < 0,05, signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata dari hasil pretest yaitu sebesar 39,16 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 67,38. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative tipe talking chips dengan menggunakan aplikasi facebook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep virus, hal ini disebabakan karena tahapan sintak cooperative learning seperti menyampaian tujuan, menyajikan informasi, mengorganisasi peserta didik, membimbing kelompok, mengevaluasi, dan memberikan penghargaan, dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi facebook dapat meningkatkan aspek kognitif pada jenjang knowledge, comprehension, application, dan analysis sehingga nilai rata-rata hasil posttest lebih besar dari hasil pretest. Kata Kunci : (1) Pembelajaran Cooperative type Talking Chips; (2) Aplikasi Facebook; dan (3) Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 03:41 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45314 |
Actions (login required)
View Item |