PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS 2 Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 17 BANDUNG Tahun Ajaran 2018/2019)

REZA PRIMAYANDI, 155020017 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS 2 Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 17 BANDUNG Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial dan simultan besarnya pengaruh pembelajaran metode Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir keritis siswa di kelas XI IPS SMAN 17 Bandung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan populasi kelas XI IPS SMAN 17 Bandung berjumlah 31 orang siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi secara parsial dan simultan dengan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai metode Contextual Teaching and Learning sebesar 3,69 (46,31%) berada pada kategori “Baik”, sedangkan mengenai kemampuan berfikir kritis siswa sebesar 3,81 (66,77%) berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y = 43,48 + 0,123X) dapat dijelaskan besarnya kemampuan berfikir kritis siswa apabila tidak dipengaruhi variabel metode Contextual Teaching and Learning adalah sebesar 43,48 satuan. Apabila variabel metode Contextual Teaching and Learning dipersepsikan baik oleh siswa, kemampuan berfikir kritis siswa akan meningkat sebesar 0,123 satuan. Secara parsial sumbangan pengaruh yang diberikan oleh metode Contextual Teaching and Learning (X) sebesar 30,08% terhadap kemampuan berfikir kritis siswa (Y). Sedangkan secara simultan sumbangan metode Contextual Teaching and Learning terhadap naik turunnya kemampuan berfikir kritis siswa adalah 30,08% dan sisanya sebesar 69,02% merupakan sumbangan dari variabel lain yang tidak dimasukan dalam metode yang diajukan dalam penelitian. Kesimpulan penelitian dapat diterima baik secara parsial maupun secara simultan, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran perlu adanya interaksi serta pengaplikasian metode pembelajaran yang aktif antara guru dengan siswa, sehingga metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning ini dapat diterapkan oleh guru dengan benar dan mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Selain itu, guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dianggap perlu memberikan kesinambungan antara materi pembelajaran dan kehidupannya, hal ini sejalan dengan hasil penelitian dan pembahsan bahwa selain menggunakan metode Contextual Teaching and Learning kepada siswa diangap mampu memberikan dorongan kesinambungan antara pembelajaran dan kehidupan nyata dalam mempersipkan diri untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Metode CTL dan Kemampuan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:51
Last Modified: 04 Oct 2019 02:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45307

Actions (login required)

View Item View Item