PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ATAS PROMOSI LAYANAN PRODUK FIRST MEDIA INTERNET YANG MERUGIKAN KONSUMEN DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Mohd Khoirul Hakmi, 131000192 (2019) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ATAS PROMOSI LAYANAN PRODUK FIRST MEDIA INTERNET YANG MERUGIKAN KONSUMEN DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
couver bimbingan kompre.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
FORMAT daftar isi bimbingan kompre.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Perlindungan hukum konsumen atas promosi layanan produk First Media Internet yang merugikan konsumen dikaitkan dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bagaimana perlindungan hukum atas promosi layanan produk First Media Internet, tanggung jawab pelaku usaha PT. First Media Internet, upaya dari penyelesaian yang dapat dilakukan oleh konsumen. Tujuan penelitian ini supaya memperoleh gambaran yang sesungguhnya mengenai proses pelaksanaan dan upaya hukum dalam hukum ekonomi internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif analitis dan yuridis kualitatif, menggambarkan situasi atau peristiwa yang diteliti dan kemudian dianalisis berdasarkan fakta, berupa data sekunder maupun data primer dengan bahan hukum tersier yang relevan, perlindungan konsumen memuat asas-asas/kaidah-kaidah yang bersifat mengatur dan juga melindungi konsumen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perlindungan hukum konsumen atas promosi layanan produk First Media Internet didalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sesungguhnya konsumen dilindungi, Tanggung jawab pelaku usaha PT. First Media Internet terhadap promosi yang menyesatkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen terdapat dalam Pasal 20, sistem pembuktiannya sistem pembuktian terbalik sebagaimana terdapat dalam Pasal 22-28, prinsip tanggung jawab yang terdapat adalah Strick Liability tanggung jawab secara muthlak/secara langsung lebih tegasnya terdapat dalam Pasal 19 Ayat (1). Penyelesaian yang dapat dilakukan oleh konsumen supaya menjamin pemenuhan haknya maka konsumen berhak untuk mengajukan gugatan terhadap PT. First Media Internet melalui lembaga Non-Pemerintahan (YLKI) dan (BPSK). Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Promosi, Produk, Pelaku Usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:42
Last Modified: 03 Oct 2019 08:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45289

Actions (login required)

View Item View Item