HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU SOSIAL NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS II B MAJALENGKA

Yosep Rusdiana, 152020022 (2019) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU SOSIAL NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS II B MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (90kB)
[img] Text
cover (1).docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB I & II.docx

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
20191001012759.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Manusia sebagai mahluk Tuhan yang diciptakan paling sempurna dengan adanya akal, pikiran, yang menjadikannya berbeda. Meskipun ciptaan yang paling sempurna dan memiliki akal pikiran tidak menjadikan manusia sebagai mahluk yang luput dari kesalahan. Kesalahan yang diperbuat manusia kadang kesalahan yang kecil ataupun kesalahan yang besar, kesalahan besar yang dimaksud adalah pelanggaran norma atau nilai yang merugikan orang lain dan lngkunganya, biasanya menjadikan manusia atau individu tersebut mendapatkan hukuman yang kurang lebih setimpal dengan perbuatakan yang dilakukannya. Individu yang menjalani hukuman tersebut biasa dikenal sebagai narapidana. Narapidana adalaha seseorang yang dipidana yang menjalani pidana hilang kemerdekaan di lembaga pemasyarakatan. Jumlah narapidana dan tahanan di Lapas kelas II B Majalengka pada tahun 2018 bulan November mencapai 253, pada bulan Oktober jumlahnya mencapai 254 jiwa dan lapas di Majalengka mengalami over capacity atau kelebihan kapasitas sebanyak 45%. Peneliti merumsukan tiga identifikasi masalah yaitu bagaimana interaksi sosial narapidana, perilaku sosial narapidana dan hubungan antara interaksi sosial dan perilaku sosial narapidana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dimana peneliti memperoleh data deskriptif analisis, serta populasi dalam penelitian ini adalah seluruh narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIB Majalengka. Teknik pengambilan sampel yang dugunakan pada penelitian ini adalah uji statistik non parametik dengan menggunakan Uji Rank Sperman (rs), yaitu data yang diubah kedalam angka-angka yang dituangkan dalam tabel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penelti dengan jumlah populasi 254 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) dia,bil sampel sebnayakan 30 orang atau responden narapidana. Temuan dari hasil penelitian ini bahwa hubungan antara interaksi sosial dengan perilaku sosial narapidana memiliki hubungan atau kaitan yang searah dan tingkat interaksi sosial dan perilaku sosial secara keseluruhan memilki tingkatan yang baik. Tidak ada kaitannya dengan kejadian keributan di lapas. Adapun saran yang peneliti sampaikan bahwa teruntuk pihak Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIB Majaengka agar lebih meningkatkan pengawasan, lebih meningkatkan kembali program-program bagi narapidana, fasilitas lebih ditingkatkan lagi sama halnya dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat agar lebih ditingkatkan lagi. Kata Kunci: Interaksi sosial, perilku sosial, narapidana.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:01
Last Modified: 03 Oct 2019 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45271

Actions (login required)

View Item View Item