PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas III Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Sub tema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup di SDN 033 Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Shelly Tamara Indra, 155060106 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas III Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Sub tema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup di SDN 033 Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER BARU .pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ACC.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (818kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SHELLY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, menyebabkan pembelajaran tersebut menjadi kurang menarik serta membuat siswa mudah jenuh saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menerapkan media pembelajaran audio visual. Tujuan dari penelitian ini sendiri untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual, serta apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media audio visual dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Nonquivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 033 Asmi Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Tes. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III-D (kelas kontrol) jumlah siswa 30 dan kelas III-E sebagai (kelas eksperimen) dengan jumlah 31 siswa. Hasil penelitian observasi guru mendapat nilai presentase pada pembelajaran 1 sebesar 84 %, pada pembelajaran 3 sebesar 93,8 % dan pada pembelajaran 5 presentase nilai observasinya sebesar 89%. Hal ini menunjukan bahwa dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual sudah sesuai dengan harapan dan keterampilan guru saat mengajar dengan menggunakan media audio visual sudah sangat baik. Hasil pengujian Effect size memperoleh skor akhir sebesar 3,72 dengan interpretasi yang besar. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual pada hasil belajar siswa. Dan berdasarkan pengujian hipotesis uji t diketahui nilai Sig 0,614 > 0,05 dan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran audio visual dengan yang menggunakan media pembelajaran audio visual. Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2019 06:13
Last Modified: 04 Oct 2019 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45255

Actions (login required)

View Item View Item